Gitar akustik dalam bahasa Inggris “Acoustic Guitar”. Akhiran “Tar” untuk gitar adalah kata yang diambil dari kata kuno /Sansekerta “tar” dalam string Sansekerta. Anda dapat mengatakan bahwa ada banyak alat musik petik di Asia Tengah saat ini dengan bentuk yang hampir tidak berubah meskipun telah berlalu ribuan tahun. Sebagian besar alat musik petik ini memiliki akhiran “Tar”. Akhiran “Tar”

  • Dotar
  • Sitar
  • Chartar

Sejarah Singkat Tentang Gitar Akustik

Gitar dapat dikatakan berasal dari negara-negara timur kuno. Berdasarkan tablet tanah liat terukir dari Babel. Diketahui bahwa tablet tanah liat ini berasal dari tahun 1850 SM. Di piring ada gambar yang menunjukkan instrumen yang diperlukan mirip dengan gitar di piring tanah liat yang ditemukan. Meski bagian tubuh dan lehernya sedikit berbeda.

Munculnya gitar dengan 4, 5 dan 6

senar Salah satu gitar yang paling populer pada saat itu adalah Guitarra Latina , yang memiliki sisi melengkung. Diperkirakan jenis gitar ini berasal dari daerah yang terletak di Eropa. Selain Guitarra Latina, ada Guitarra Morisca yang dibawa ke Spanyol oleh bangsa Moor. Pada abad ke-15, gitar empat senar ganda yang mirip dengan ukulele menjadi populer. Kemudian pada abad ke-5, senar ganda lain ditambahkan sehingga menjadi gitar ganda 5 senar.

Pada abad ke-17, Italia menjadi pusat dunia gitar dan sekolah swasta Spanyol untuk pembuatan gitar mulai berkembang pada akhir abad ke-18. Perkembangan ini dimulai setelah penambahan senar keenam, sehingga muncul gitar dengan enam senar. Semakin banyak orang mulai menggunakan gitar 6 senar daripada gitar 4 dan 5 senar. Hal ini dikarenakan enam senar memberikan nada yang lebih bervariasi.

Perubahan bentuk gitar akustik

pada abad kesembilan belas sebagai komunikasi dan transportasi berkembang pesat, memungkinkan gitaris untuk melakukan perjalanan ke berbagai kota, negara, dan benua. Dengan cara ini, gitar menjadi dikenal luas oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia.

Pada abad ini, gitar semakin populer di Spanyol dan Antonio de Torres mengubah bentuk gitar Spanyol menjadi lebih modern. Lekukan bodi gitar diperbesar, area bodi gitar menjadi lebih lebar dan tipis, pelurusan internaldibuat, enam senar ganda diubah menjadi 6 senar tunggal, dan pasak tala kayu diganti dengan mesin manual, yang membuat senar ketegangan lebih mudah.

Jika kredit awal untuk pengembangan gitar akustik pergi ke Eropa, gitar akustik senar baja adalah pengembangan kelahiran Amerika. Pada awal abad kedua puluh, sejumlah imigran dari Eropa masuk ke Amerika dan di antaranya ada yang ahli dalam pembuatan gitar dengan senar baja.

Gitar yang berkembang di Amerika adalah gitar flat dan harpa. Martin dan Gibson-lah yang memberi banyak pengaruh bagi industri gitar di Amerika. Saat ini, orang hanya tahu tentang gitar akustik 6 senar modern yang sekarang dijual di toko instrumen.

Kunci Gitar : chordtela