English Lecture – Procedure text adalah jenis teks dalam bahasa Inggris yang berisi langkah-langkah atau petunjuk untuk melakukan/melakukan sesuatu. Misalnya, jika kita ingin memasak nasi goreng, membuat kopi, atau melakukan pekerjaan lain, tentu kita membutuhkan langkah-langkah untuk melakukannya.

Dalam teks prosedur, kalimat-kalimat tersebut menggunakan kalimat simple present, imperatif atau perintah dan juga konjungsi temporal seperti; pertama, kedua, ketiga, lalu, selanjutnya, terakhir, terakhir, dll. Untuk pemahaman yang lebih baik, berikut ini contoh teks prosedur dalam bahasa Inggris:

Bahan:

Televisi (televisi)
Pengendali jarak jauh (pengendali jarak jauh)
Kotak kabel (penerima)

Langkah langkah:

Pertama sambungkan kabel ke catu daya. (Pertama sambungkan kabel TV ke listrik.)
Kemudian nyalakan TV dengan menekan tombol power pada remote control. Jika Anda menggunakan perangkat tambahan, pastikan Anda juga perlu menyalakannya secara terpisah. (Kemudian nyalakan TV dengan menekan tombol daya pada remote control. Jika Anda menggunakan ekstensi, pastikan ekstensi juga menyala.)
Ketiga, nyalakan kotak kabel. Biasanya kotak kabel akan menampilkan nomor jika sudah menyala, sebaliknya kemungkinan akan mati jika menunjukkan layar kosong. (Ketiga, nyalakan penerima TV Anda. Biasanya penerima akan menampilkan nomor saat dihidupkan, jika tidak, penerima Anda mungkin masih mati saat penerima tidak menampilkan apa pun.)
Kemudian tekan beberapa angka pada remote control untuk mengubah saluran. Jika saluran tidak dapat diubah, mungkin ada yang salah dengan remote control Anda. Silakan periksa baterai atau gunakan remote control universal lainnya. (Selanjutnya, tekan beberapa digit pada remote control TV untuk mengubah acara TV. Jika acara TV tidak dapat diganti, remote control Anda mungkin rusak. Silakan periksa baterai remote control atau gunakan remote control universal lainnya.)
Jika tidak berhasil, buka saja TV Anda dan tekan tombol daya dan beberapa tombol lainnya. Kemudian Anda dapat menemukan acara TV yang ingin Anda tonton. (Jika masih tidak berhasil, dekatkan TV Anda dan tekan tombol daya dan beberapa tombol lainnya. Kemudian Anda dapat mencari acara TV berdasarkan apa yang ingin Anda tonton.)
Terakhir, setelah selesai menonton TV, matikan TV untuk menghemat daya. Jika Anda ingin menonton TV hingga larut malam, jangan lupa untuk mengatur waktu di TV Anda. Jangan biarkan diri Anda tertidur dan TV menyala dan lihat ke belakang! Selamat menonton! ^ _ ^ (Setelah selesai menonton TV, matikan TV untuk menghemat daya. Jika Anda ingin menonton TV hingga larut malam, jangan lupa untuk mengatur waktu di TV Anda. Tidur dan TV masih menyala dan tonton sendiri lagi. Selamat menonton.

Ini adalah contoh teks prosedur penggunaan televisi dalam bahasa Inggris dan artinya untuk sahabat KBI semua. Semoga bisa bermanfaat dan membantu teman-teman KBI membuat teks prosedur dalam bahasa Inggris. Terima kasih.

Sumber :